KHASIAT DAN MANFAAT KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA)


Manfaat Kunyit dan Khasiat (curcuma Domestica).

Manfaat kunyit selain sebagai bumbu dapur juga sebagai bahan -bahan untuk membuat ramuan  untuk mengobati berbagai jenis penyakit pada manusia

Manfaat dan khasiat kunyit-curcuma domestica

Di antara semua genus curcuma, kunyit adalah penggunaan yang lebih luas.

Menurut (Rukmana, 1995), manfaat kunyit meliputi:
Sebagai bumbu dalam beberapa hidangan, bahan -bahan untuk membuat bumbu untuk mengobati berbagai jenis penyakit pada manusia, bahan baku untuk industri kedokteran herbal dan kosmetik, bahan pendukung untuk industri teknik dan kerajinan.

Sementara itu, menurut (Sastroamidjojo, 1988) Kunyit memiliki sifat seperti gatal, antipasmodik, peradangan gusi, peradangan lapisan, kurangnya napas, sakit perut, astigentia dan analgetia.

Kunyit dapat digunakan sebagai obat eksternal atau internal. Kunyit sebagai obat eksternal berfungsi untuk mengobati eksim, pembengkakan dan rematik, pembengkakan karena gigitan serangga atau gatal karena ulat, dan memfasilitasi ASI (seperti). Sementara kunyit seperti obat yang dalam, yaitu kunyit digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti panas, demam, diare, gusi bengkak, diabetes melitus, batu kemih, hepatitis dan untuk membersihkan rahim keduanya pada wanita yang memberikan cahaya baru -baru ini. Memperoleh menstruasi (Sinaga, 2006).

Salah satu manfaat kunyit (curcuma domestica) yang banyak digunakan sebagai obat herbal karena menenangkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal -gatal dan menyembuhkan kesemutan.

Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat herbal tradisional, bahan baku untuk obat herbal dan kosmetik, bahan memasak, pemuliaan hewan, dll. Selain itu, bagian rimpang dari tanaman kunyit juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, antimikroba, pencegahan kanker, anti tumor dan mengurangi jumlah lemak darah dan kolesterol, serta membersihkan darah. (Hartati dan Balitro, 2013).

"Zat antimikroba adalah senyawa biologis atau kimia yang dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas mikroba" (Pelczar dan Reid, 1972). Dalam kunyit, senyawa yang memiliki aktivitas antimikroba adalah curcumin. Dalam investigasi (Ramprasad dan Sourses, 1956) menunjukkan bahwa curcumin memiliki sifat antibakteri, terutama terhadap Micrococcus pyogenes var. Aureus Sodium curcuminate curcumin adalah bakteri ke micrococcus pyrogenes var. aureus dengan dosis 1 ppm. Ini karena curcumin adalah senyawa fenolik yang mekanismenanya mirip dengan senyawa fenolik lain yang berfungsi sebagai antimikroba.

Telah ditunjukkan bahwa fenol dan senyawa yang diturunkan memiliki sifat bakteri dan bakterisida sehingga mereka sering digunakan sebagai desinfektan. Senyawa fenol berfungsi sebagai antimikroba saat menghancurkan protein sel dan merusak membran sel. Senyawa fenol aktif terhadap sel vegetatif bakteri, tetapi tidak terhadap spora bakteri. Aktivitasnya berkurang dengan pengenceran dan reaksi dengan senyawa organik lainnya. Senyawa fenol sangat aktif dalam pH asam (Hugo dan Russel, 1981).

Komposisi kunyit

  1. Cineol
  2. Minyak esensial
  3. Phellandrene
  4. Zingibence
  5. Sabonene
  6. Terminal
  7. Curcumene
  8. Casher
  9. Turmeron
  10. Sesquititerpene
  11. Camphene
  12. Asam Kaprilat
  13. Asam Tholymethi
  14. Metdozinnamic Acir

Curcumid alkaloid berwarna kuning dalam kunyit,

Kunyit memiliki berbagai macam kandungan nutrisi. Dalam 100 gram kunyit yang dikandungnya; Protein 10 gr. Kalsium 168 mg. Magnesium 208 mg. Fosfor 299 mg. Kalium 2 gr, vitamin C 1 mg. 55 mg besi


Efektivitas Kunyit untuk Kesehatan Ilmiah (Curcha Domestica Val (Anonim, 2007)

1. Tingkatkan resistensi

Kunyit mengandung zat curcumin yang bekerja untuk meningkatkan resistensi. Artinya, sistem pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit yang membaik, tidak secara langsung membunuh kuman -kuman ini. Makan air kunyit kuning juga dapat membantu melawan virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti -catarararal.

2. Mengatasi peradangan

Kandungan kunyit yang disebut curcumin adalah antioksidan yang memiliki efek anti inflamasi dari poten. Dalam kunyit, kurang lebih 200 miligram Curcumin Content (MG). Zat aktif membantu menghentikan  enzim dan sitokin yang dapat menyebabkan inflamasi dalam tubuh . Oleh karena itu, sangat berguna untuk mengurangi peradangan dan dapat meningkatkan kortikon di kelenjar adrenal 
tubuh.

3. Kurangi mual

Kehadiran kandungan curcumin dalam kunyit akan disaring dalam aliran darah manusia dan akan mengurangi tekanan pada perut. Pada saat  mengonsumsi kunyit, tekanan di bagian  perut  terasa ringan dan lega, sehingga mengurangi perasaan mual. Efeknya lebih optimal dan lebih cepat menghilangkan rasa mual jika Anda menambahkan air kunyit dan lada hitam kandungan piperin yang  mempercepat proses kinerja.

4. Mengatasi perut bengkak

Gas yang berlebihan adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kondisi perut. Untuk membantu otot pencernaan untuk terus bergerak dengan lembut, itu dapat mengkonsumsi kunyit. Kurkumin dalam kunyit membantu mengurangi tekanan gas di lambung dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam yang berlebihan.

5. Mengurangi rasa sakit selama menstruasi

Bagi Anda, wanita yang mengalami menstruasi, seringkali perut terasa menyakitkan dan membuatnya tidak nyaman saat bergerak. Untuk wanita Indonesia, mereka tentu akrab dengan ramuan kunyit asam yang diyakini menghilangkan rasa sakit selama menstruasi. Tidak hanya mitos, obat herbal asam kunyit dapat mengalami rasa sakit selama menstruasi, karena kandungan curcumin kunyit dapat mengurangi kontraksi rahim, yang menyebabkan kram perut. Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya ion kalsium ke dalam sel apitelial uterus, serta mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menyebabkan rasa sakit.

6. mengobati metastasis kanker

Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker ini Anda dapat menggunakan kunyit putih. Penggunaan kunyit putih dapat bermanfaat untuk kanker rahim, usus besar dan payudara. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan curcumin yang dapat memberantas sel -sel tumor ganas yang menyebabkan kanker dan menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Obat Alergi

Zat curcumin dan bisdesmetoxicurcumin dalam kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti alergi yang dapat menghilangkan rasa gatal dalam tubuh. Kedua bahan ini menghambat aktivitas protein berlebihan dalam tubuh, yang dapat menghindari pelepasan zat histamin. Histamin yang berlebihan dan zat protein dapat menyebabkan reaksi alergi muncul di kulit.

8. melawan bakteri jahat

Manfaat kunyit untuk kesehatan lain adalah untuk menghindari bakteri buruk. Bagi Anda yang sering merasakan sakit perut atau mengalami keracunan makanan dan bakteri yang buruk, Anda dapat minum solusi kunyit hangat yang dapat membantu meringankan. Bukan hanya itu, kandungan yang ada pada  kunyit dapat memerangi bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut dan organ seksual wanita.

9. Penangkal Racun

Investigasi menetapkan bahwa konten dalam kunyit bermanfaat untuk pertolongan pertama dalam gigitan ular. Karena kunyit dapat menghambat aktivitas ular dalam darah, berhenti menyebar ke seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.

10. Mengobati Maag

Bagi Anda yang suka mengalami sakit maag, Anda tidak selalu perlu minum obat secara langsung. Cobalah untuk mengkonsumsi solusi kunyit terlebih dahulu dan minum secara teratur. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala borok. Kehadiran kandungan curcumin dalam kunyit juga dapat mengontrol produksi asam lambung dan empedu.

11. Menstabilkan kadar gula darah

Jika Anda menderita diabetes melitus, cobalah mengonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah menjadi stabil. Kandungan kurkumin kunyit dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah.
Selain itu, ini juga dapat meningkatkan insulin dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani.

12. Meredakan peradangan peradangan usus

Peradangan usus atau juga dapat disebut iritasi usus sindrom (SII) yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Jika peradangan usus dibiarkan berhenti, itu akan membuat kontraksi usus yang akan mengakibatkan diare kronis. Dengan mengonsumsi kunyit,dapat mengurangi intensitas lambung yang disebabkan oleh peradangan usus. Khasiat kunyit karena kandungan antioksidan serta curcumin yang melancarkan kerja otot otot pencernaan.

13. terhadap infeksi

Manfaat lain dari kunyit untuk kesehatan adalah memerangi infeksi dalam tubuh. Kandungan kunyit putih dapat memerangi perkembangan jamur dan bakteri dalam tubuh. Cara menyembuhkan keracunan makanan, infeksi kulit, infeksi jamur yang menyebabkan Anda dan juga infeksi jamur di daerah wanita. Kunyit juga berguna untuk menghilangkan bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut.

14. Membantu menurunkan berat badan

Selain membantu memperkuat  kekebalan tubuh dari infeksi , mengonsumsi air  kunyit juga dapat mempertahankan bentuk badan serta menurunkan berat badan. sehingga, sesuai untuk Anda yang sedang melakukan  diet.Untuk mendapatkan hasil optimal, harus mencampukan jus kunyit dengan asam.

15. Menjaga Kesehatan hati

Penelitian mengatakan bahwa dari ekstrak kunyit (curcuma domestica) dapat mencegah kerusakan hati dan tetap sehat.


Subscribe to receive free email updates: