OBAT CACAR MONYET

Mengobati cacar monyet dengan kunyit dan madu hitam ampuh

cacar monyet atau disebut juga Penyakit Monkeypox adalah zoonosis yang disebabkan oleh virus monkeypox (anggota genus orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae).


OBAT CACAR MONYET

Definisi

Penyakit Monkeypox adalah zoonosis yang disebabkan oleh virus monkeypox (anggota genus orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae) yang umumnya terjadi di Afrika tengah dan barat. Penyakit ini bisa ringan dengan gejala yang bertahan 2 hingga 4 minggu, tetapi dapat berkembang secara serius dan bahkan (tingkat kematian dari 3 hingga 6%). Penularan manusia terjadi dengan kontak langsung dengan orang atau hewan yang terinfeksi, atau oleh benda yang terkontaminasi oleh virus..

Sejak 13 Mei 2022, yang telah menerima kasus monkeypox dari negara -negara non -endemik,  

Tanda Gejala

sesuai definisi operasional Penyakit cacar monyet  berdasarkan WHO (21 Mei 2022), yaitu :

memiliki  gejala serta tanda sebagai berikut  ( bisa salah satu gejala) :

1.Sakit kepala

2.Demam akut >38,5 'C

3.Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)

4.Nyeri otot/Myalgia

5.Sakit punggung

6.Asthenia (kelemahan tubuh)

7.Ruam di kulit

Penyebab umum ruam akut berikut tidak menjelaskan gambar klinis: varicella zoster, herpes zoster, campak, zika, demam berdarah, chikungunya, herpes simplex, infeksi kulit bakteri, diseminasi gonococcus, sifilis primer atau sekunder, limfogranuloma, kilergia, reakecus, reakecus, kulergicus, alergi, kulergicus, kulergicus, alergi, kulergia, genggawi, kulergicus, kulergicus, alergi, kulerganuloma, kulergik, kulergik, kulergik, kulerganuloma, kulergik, kulergik, kwan. (misalnya, tanaman); dan penyebab umum lainnya yang relevan secara lokal dari ruam papula atau vesikular.

Faktor Resiko

Memiliki hubungan epidemiologis (paparan wajah -untuk -wajah, termasuk pekerja kesehatan bebas epi); Kontak fisik langsung dengan lesi kulit atau kulit, termasuk kontak seksual; atau kontak dengan benda -benda yang terkontaminasi seperti pakaian, tempat tidur atau tim memiliki riwayat vaksinasi variolat atau infeksi ortopoxvirus

Pencegahan

Lanjutkan menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat menggunakan masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun. Segera, periksa jika Anda mengalami gejala cacar monyet, seperti demam akutv>38,5 ‘c, sakit kepala ,lympadenopatipusat kesehatan terdekat, sehingga mereka dapat menerima perawatan yang cepat dan tepat.

Pengobatan

Pada umumnya, perawatan cacar monyet lebih bersifat suportif dan bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah komplikasi. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan meliputi:
  1. Perkuat sistem imunitas : meningkat kan sistem kekebalan tubuh diri saat terinfeksi virus ini dengan perbanyak makan makanan bergizi secara teratur serta di tambah pikiran yang tenang ditambah minum ramuan herbal kunyit dan madu hitam serta yakin untuk sembuh maka semua itu akan meningkatkan imunitas secara alami sehingga penyakit akan segera sembuh.
  2. Perawatan gejala: Pengobatan diri sendiri untuk mengurangi demam, mengurangi rasa gatal, dan meredakan nyeri dengan menggunakan obat penurun panas (seperti parasetamol), salep antihistamin untuk mengurangi rasa gatal, dan kompres dingin pada kulit yang terkena.
  3. Isolasi: Pasien dengan cacar monyet harus diisolasi untuk mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Langkah-langkah pencegahan penularan yang tepat harus diikuti.
  4. Kebersihan: Penting untuk menjaga kebersihan yang baik dengan mencuci tangan secara teratur, menggunakan sabun, dan menghindari kontak langsung dengan lepuh atau sekresi dari pasien cacar monyet.
Meskipun tidak ada pengobatan khusus, penyakit ini dapat diobati dengan mencoba mengendalikan gejala yang muncul dengan pengobatan dan pengobatan dukungan antivirus. Perawatan dukungan tidak dapat menghentikan infeksi virus , tetapi bertujuan untuk meningkatkan kekuatan resistensi tubuh untuk memerangi infeksi. Selama gejala, disarankan untuk meningkatkan waktu istirahat dan memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi dengan mengikuti diet yang sehat. Anda juga harus melakukan kualifikasi diri dengan tinggal di rumah dan membatasi kontak sosial dengan orang-orang di lingkungan.

Dalam hal gejala serius, orang yang menderita didorong untuk menjalani rawat inap di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Untuk mengendalikan efek pada kesehatan penyakit ini, pencegahan oleh vaksin terhadap cacar dan vaksin imunoglobulin adalah solusi untuk memanipulasi variasi monyet utama.

Selain itu, vaksin cacar manusia dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi monkeypox pada manusia. Namun, vaksin ini tidak secara khusus dirancang untuk melawan monkeypox, dan efektivitasnya terhadap penyakit ini masih dalam tahap penelitian.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal diduga terinfeksi cacar monyet, penting untuk segera mencari perawatan medis dari tenaga medis yang berkualifikasi. Mereka dapat memberikan diagnosis yang tepat dan memberikan perawatan yang sesuai.

Subscribe to receive free email updates: