PERILAKU HIDUP TIDAK SEHAT

Perilaku hidup tidak sehat

Hidup sehat adalah gaya hidup yang memprioritaskan kesehatan fisik, mental, dan emosional. Ini melibatkan kebiasaan dan praktik sehari-hari yang mendukung keseimbangan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Pepatah mengatakan Kesehatan adalah segala galanya tanpa Kesehatan segala galanya tiada artinya. Namun tak sedikit penderita penyakit muncul akibat Perilau tidak sehat.

Penyakit akibat Perilaku hidup tidak sehat,berbeda dengan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyerang dengan tiba-tiba. Penyakit akibat Perilaku tidak sehat.adalah berhubungan dengan perilaku hidup yang tidak sehat ,terjadi terus menerus hingga menimbulkan dampak yang merugikan bagi kesehatan.

Ada dua jenis Perilaku hidup yang mempengaruhi kesehatan. Yaitu perilaku hidup sehat dan perilaku hidup tidak sehat. Perilaku hidup tidak sehat contohnya bermacam-macam, mulai dari sering begadang, kurang aktif bergerak, kurang konsumsi air putih, pola makan yang salah, sampai konsumsi rokok dan alkohol. Beberapa contoh perilaku hidup tidak sehat tersebut harus segera dihindari supaya mendapat kualitas kesehatan yang baik.

Tanpa disadari kebiasaan atau perilaku hidup yang tidak sehat menjadi faktor utama penyebab penyakit ringan hingga berat. Berbagai jenis penyakit mulai dari tekanan darah tinggi, obesitas, sampai kanker berawal dari perilaku hidup tidak sehat.

Perilaku Hidup Tidak Sehat merupakan Sumber Penyakit

Sebagaimana yang telah diketahui, perilaku hidup tidak sehat merupakan sumber penyakit. Kebalikannya adalah perilaku hidup sehat, berupa pola aktivitas dapat menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari hal-hal yang dapat mencetus terjadinya penyakit. Sedangkan perilaku hidup tidak sehat akan mengakibatkan sindrom metabolik dengan berbagai macam resiko penyakitnya.

Perilaku hidup tidak sehat menimbulkan Sindrom Metabolik yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan kadar kolesterol yang tidak normal. Kondisi kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan timbulnya penyakit Dislipidemia. Penyakit ini terjadi karena kolesterol atau lemak (lipid) yang tidak normal di dalam darah ,akibat perilaku hidup tidak sehat

Dislipidemia meningkatkan penyumbatan arteri (aterosklerosis) dan serangan jantung, stroke, atau masalah sirkulasi darah lainnya terutama pada pemilik perilaku hidup tidak sehat seperti perokok. Pada orang dewasa, ini sering berhubungan dengan obesitas, diet yang tidak sehat dan kurang olahraga. Dislipidemia dapat berakibat fatal, sampai kematian.

Menjaga pola makanan dan aktivitas fisik merupakan dasar menghindari perilaku hidup tidak sehat untuk memiliki tubuh yang sehat,Sayangnya, masih banyak orang yang tak tergerak umtuk meluangkan waktu melakukan perilaku hidup sehat

Perilaku Hidup Tidak Sehat yang harus di hindari :

1.Kurang minum air putih

PERILAKU HIDUP TIDAK SEHAT

Perilaku hidup tidak sehat yang paling sederhana adalah kurangnya minum air putih. Air putih punya Banyak manfaat untukmenjaga kesehatan tubuh.Berbagai manfaat seperti mencegah dan mengatasi sakit kepala, meringankan sembelit, mencegah batu ginjal dan kandung kemih , membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, menjaga suhu tubuh, membantu penyerapan nutrisi, hingga memaksimalkan kekatan fisik, dapat Anda rasakan Jika minum air putih yang cukup, hal itu merupakan realisasi dari perilaku hidup sehat
Untuk mewujudkan perilaku hidup sehat maka ,minumlah air putih 6 sampai 8 gelas setiap hari, atau kurang lebih 2 liter perhari dan rasakan khasiatnya

2.Pola Makan yang Salah

Perilaku hidup tidak sehat pola makan yang salah
    
Memperhatikan pola makanan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Namun, tidak sedikit orang yang kurang memperhatikan pola makanan yang mereka konsumsi. Ini adalah perilaku hidup yang tidak sehat. Jika dilakukan terus menerus, maka itu bisa membuat seseorang tertena penyakit.

Karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dari biji bijian  seperti oatmeal, roti gandum, dan sereal. Makanan ini mengandung asam folat, vitamin B, dan selenium yang bermanfaat untuk mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

Selain itu juga harus rutin konsumsi sayur dan buah untuk menjaga kesehatan jantung ,liver,ginjal dan penceraan ,karena sayur dan buah banyak mengandung vitamin,mineral dan serat, serta beberapa sayur dan buah banyak mengandung anti oksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang akan merusak sel-sel tubuh ,sehingga tubuh tetap sehat terjaga.

3. Sering Bergadang

PERILAKU HIDUP TIDAK SEHAT SERING BERGADANG

Kebiasaan terlalu sering begadang merupakan perilaku hidup tidak sehat. Kebiasaan ini dapat berpengaruh kesehatan fisik maupun mental.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidur yang cukup selama 6 sampai 8 jam setiap harinya agar terhindar dari risiko obesitas, penyakit jantung, bahkan diabetes, akibat perilaku tidak sehat

4.Kurang Bergerak

PERILAKU HIDUP TIDAK SEHAT KURANG BERGERAK

Kurangnya olahraga juga merupakan contoh perilaku hidup yang tidak sehat. Bahkan, ada banyak olahraga yang dapat Anda pilih untuk menjaga kesehatan danhidup kebugaran Anda. Seperti berlari, yoga, berenang, bermain tenis, dan olahraga yang lain.Berolahraga secara teratur dengan durasi waktu 15 hingga 30 menit setiap hari sehingga tubuh selalu sehat dan bugar.

5.Merokok dan minum munuman yang mengandung alkohol

Perilaku hidup tidak sehat merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol

Perilaku hidup yang tidak sehat yang harus dihindari selanjutnya adalah merokok. Merokok diketahui memicu gangguan kardiovaskular, kerusakan otak, penyakit paru -paru, penyakit mulut dan tenggorokan, penyakit lambung, tulang berpori, masalah reproduksi, penuaan dini, gangguan psikologis.

perilaku hidup tidak sehat yang lain Selain merokok, makan minuman beralkohol yang juga harus Anda hindari. Dalam sebuah penelitian, dinyatakan bahwa konsumsi alkohol dapat merusak sel dendritik tubuh (komponen yang cukup penting dalam sistem kekebalan tubuh).

6.Kecanduan perangkat teknologi

  
Perilaku hidup tidak sehat sering main gadget terlalu lama dan sering
  

Di era ini, manusia hampir tidak bisa terpisah dari perangkat teknologi. Namun, penggunaan perangkat teknologi seperti televisi, komputer atau gadget masih harus dibatasi untuk menghindari perilaku hidup tidak sehat

Penggunaan perangkat teknologi yang berlebihan juga merupakan perilaku hidup tidak sehat dapat memiliki dampak negatif. Ini karena paparan cahaya biru terlalu lama dapat mengganggu penglihatan dan pola tidur.

Dampak Buruk Menjalani Perilaku Hidup Tidak Sehat

1.Penyakit jantung Koroner (PJK)

Penyakit jantung koroner disebabkan salah satunya Perilaku hidup tidak sehat dapat mempengaruhi otot jantung dan dinding pembuluh darah. Faktor penyebab utamanya adalah kebiasaan merokok, minum minuman keras, penyakit diabetes, dan kolesterol tinggi.

2.hipertensi atau Tekanan darah tinggi 

Hipertensi disebabkan Perilaku hidup tidak sehat dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi disebabkan oleh banyak hal, termasuk stres, obesitas, faktor genetik, konsumsi garam yang berlebihan pada makanan, dan faktor usia.

3.Kanker

Perilaku hidup tidak sehat dapat mengakibatkan Kanker yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tak biasa dan membahayakan kesehatan. Beberapa tipe kanker disebabkan oleh perilaku hidup tidak sehat seperti merokok, terlalu banyak di bawah matahari siang, dan konsumsi makanan yang mengandung karsinogen.

4.Stroke

Perilaku hidup tidak sehat menyebabkan penyakit Stroke terjadi ketika pembuluh darah ke otak terhambat , sehingga menyebabkan berkurangnya oksigen pada bagian otak, stroke juga merupakan kelanjutan penyakit akibat tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

5.Obesitas

Kebiasaan makan yang tidak sehat, makan terlalu banyak, jarang berolahraga, dari perilaku hidup tidak sehat bisa menyebabkan obesitas. Tak hanya itu, orang yang mengalami kelebihan berat badan juga bisa mengalami banyak masalah lain seperti kesulitan bernapas, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan diabetes, .

6.Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau kencing manis disebabkan salah satunya adalah Perilaku hidup tidak sehat yang  menyebabkan obesitas,salah pola makan karena sering makan makanan manis manis yang menjadi penyebab penyakit seperti diabetes melitus yang tidak bergantung pada insulin dan biasa terjadi pada orang dewasa.

7.Swimmer ear

Swimmer ear adalah istilah untuk penyakit telinga akibat peradangan, iritasi, dan infeksi pada bagian luar telinga dan telinga tengah. Gejalanya termasuk telinga yang berdenging dan berlanjut kesulitan untuk mendengan suara percak Penyakit ini disebabkan Perilaku hidup kurang sehat yaitu seringnya mendengarkan musik atau suara yang keras serta terlalu sering menggunakan headphone.

8.Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) disebabkan oleh kerusakan permanen pada alat pernapasan. Penyakit ini bisa terjadi karena faktor seperti merokok ,polusi udara, sering bergadang tidur larut malam akibat  dari Perilaku hidup tidak sehat.

9.Cirhosis Hepatis

Cirhosis adalah penyakit yang terjadi pada liver. Konsumsi alkohol yang berlebihan serta sering tidur larut malam diatas jam 11 malam juga akan menggangu fungsi liver . Konsumsi alkohol berlebih dan tidur larut malam merupakan perilaku hidup tidak sehat. Jika sudah terjadi kerusakan liver disebut hepatitis kronis yang akan mengakibatkan terjadinya penyakit cirhosis Hepatis.

10.Nephritis

perilaku hidup tidak sehat dapat mengakibatkan nephritis yang merupakan penyakit ginjal yang ditandai dengan membengkaknya ginjal. Nephritis dalam jangka Panjang akan mengakibatkan penurunan fungsi ginjal bahkan kehilangan fungsi ginjal jika tidak segera diobati contoh penyebanya yang berhubungan dengan perilaku hisup kurang sehat adalah duduk terlalu lama dan kurang minum air putih.




Subscribe to receive free email updates: