PERTOLONGAN PERTAMA ORANG YANG TERSENGAT LEBAH KUMBANG DAN TAWON

DISENGAT LEBAH: LANGKAH PERTAMA JIKA TERSENGAT LEBAH

Disengat lebah, segera lakukan tindakan untuk menghilangkan sengatnya dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan jarum steril, peniti yang sudah disterilkan, atau pisau steril untuk membuang sengat tersebut. Pastikan alat yang digunakan steril untuk mengurangi risiko infeksi.

DISENGAT LEBAH: LANGKAH PERTAMA JIKA TERSENGAT LEBAH

Jika terkena sengatan lebah, segera tangani dengan mengambil sengatnya menggunakan jarum steril, peniti yang sudah disterilkan, atau pisau steril.


Lebah merupakan serangga yang termasuk dalam keluarga Apidae dan ordo Hymenoptera. Mereka dikenal karena peran penting mereka dalam penyerbukan tanaman dan produksi madu. Berikut adalah beberapa informasi tambahan tentang lebah:

Lebah memiliki tubuh yang kecil hingga sedang, terdiri dari kepala, thorax, dan abdomen. Mereka memiliki tiga pasang kaki, dua pasang sayap transparan, dan antena yang panjang. Lebah juga memiliki sengat yang bisa digunakan untuk mempertahankan sarang.

Jika seseorang disengat oleh lebah, segera ambil tindakan untuk menghilangkan sengatnya dengan hati-hati menggunakan jarum steril, peniti yang sudah disterilkan, atau pisau steril.

Setelah itu, siramlah bagian yang terkena sengat dengan air dingin. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memperlambat penyebaran racun. Anda juga dapat menggunakan kompres es sebagai alternatif untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Bila sengatan ini dilakukan oleh sekelompok lebah atau serangga lainya,rendamlah korban dalam kubangan air dingin yang di dalamnya telah dilarutkan soda masak sebanyal 1 sendok makan untuk 1 liter air

Dalam situasi tersebut, segera bawa korban ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis yang sesuai. Selama perjalanan menuju rumah sakit, kompreslah bagian yang terkena dengan es untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Jika tersedia, berikan antihistamin (obat anti-alergi) sesuai kebutuhan korban. Penting untuk segera mendapatkan perhatian medis profesional untuk menangani situasi yang melibatkan reaksi alergi atau sengatan lebah yang serius.

Langkah-langkahnya  :

Jika Anda atau seseorang disengat lebah, berikut adalah beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat diambil:
  1. Suruhlan korban yang tersengat berbaring dengan tenang.
  2. Segera jauhkan diri dari lebah: Pastikan Anda bergerak jauh dari lebah atau area di sekitarnya untuk mengurangi risiko disengat lagi.
  3. Lepaskan sengatan: Lebah meninggalkan sengatnya yang tertinggal di kulit saat mereka disengat. Segera lepaskan sengatan dengan hati-hati menggunakan kuku atau benda yang tumpul. Hindari menggunakan pinset atau jari karena dapat memeras lebih banyak racun ke dalam tubuh.
  4. Bersihkan area yang terkena: Setelah sengat lebah dilepaskan, bersihkan area yang terkena dengan sabun dan air hangat. Bersihkan dengan lembut untuk menghilangkan bakteri potensial dan mengurangi risiko infeksi.
  5. Terapkan kompres dingin: Letakkan kantong es atau kain yang dilipat dingin di atas area yang disengat selama 10-15 menit. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit, dan rasa gatal.
  6. Gunakan antihistamin topikal: Jika ada rasa gatal yang signifikan, Anda dapat menggunakan krim atau losion antihistamin yang bebas dijual untuk mengurangi rasa gatal. ikutilah  petunjuk pemakaian  obat yang tertera pada kemasan.
  7. Minum obat pereda nyeri: Jika ada rasa sakit atau ketidaknyamanan yang signifikan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bebas yang sesuai, seperti parasetamol atau ibuprofen. Ikuti petunjuk dosis yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan apoteker jika diperlukan.
  8. Observasi gejala yang lebih serius: Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi yang parah terhadap sengatan lebah. Jika ada gejala seperti sesak napas, pembengkakan wajah atau bibir, pusing berat, atau ruam yang meluas, segera cari bantuan medis darurat.
Jika sengatan lebah terjadi di area yang sensitif seperti mulut, tenggorokan, atau mata, segera cari perawatan medis darurat. Jika Anda memiliki riwayat reaksi alergi yang parah terhadap sengatan lebah, penting untuk memiliki epinefrin auto-injector (EpiPen) dan menggunakannya sesuai petunjuk dokter.

Penting untuk dicatat bahwa ini hanya adalah saran pertolongan pertama, dan setiap kondisi individu dapat berbeda. Jika ada kekhawatiran atau gejala yang berkepanjangan atau memburuk, segera konsultasikan dengan profesional medis.

Subscribe to receive free email updates: