PERTOLONGAN PERTAMA PADA ORANG SHOCK TERSENGAT LISTRIK


TERSENGAT LISTRIK: 6 LANGKAH PENANGANAN KORBAN

Tersengat listrik, maka diperlukan langkah hati-hati, tapi sebisa mungkin dilakukan dengan cepat.

6 langkah menolong korban tersengat listrik

Dalam peristiwa ketika seseorang mengalami shock karena tersengat listrik, maka diperlukan langkah
hati-hati, tapi sebisa mungkin dilakukan dengan cepat. Ini dikarenakan setiap hal yang berhubungan dengan arus listrik mempunyai konsekuensi yang mengundang bahaya ini karena setiap hal yang terkait dengan arus listrik memiliki konsekuensi yang mengundang bahaya. 

Langkah yang dilakukan adalah:

  1. Memutuskan hubungan korban dengan sumber listrik.Setelah pengaman tingkat pertama telah dilakukan langkah-langkah selanjutnya dengan mempertimbangkan lokasi di mana kejadian itu berlangsung. Bila kejadianya di dalam rumah, segeralah untuk melepaskan steker yang mengalirkan arus listrik ke alat atau benda yang menghubungkan dengan korban. atau bisa melepas/mematikan sekering utama.
  2. Bila terjadi di luar rumah atau ruangan yang dilakukan adalah memisahkan tubuh korban dari benda yang menjadi penghantar arus listrik , misal kawat kabel ,dengan meggunakan galah atau cabang kayu kering.Jangan melakukan pemisahan ini dengan alat yang berasal dari logam yang bisa menghantarkan listrik,atau benda lain yang basah.Pergunakan pakaian atau tali yang kering ntuk menarik kawat listrik dan korban
  3. Dalam melakukan semua tindakan itu, anda harus berdiri di lantai atau atas tanah kering.yang anda sentuh hanya bahan yang kering dan tdak mempunyai potensi sebagai penghantar arus listrik.Jangan sekali-kali menyentuh tubuh korban sebelum arus listrik benar-benar telah diputuskan.
  4. Dorong tubuh korban dengan benda isolator, Apabila Anda kesulitan mematikan sumber listrik, berusahalah untuk menjauhkan tubuh korban dari aliran listrik.Ingat, hindari untuk menyentuh korban langsung dengan tangan kosong.Anda dapat menggunakan benda yang tidak dapat menggerakkan listrik, seperti karpet, sapu, meja, kursi, tongkat atau benda kayu, kertas dan karet. Saat Anda menarik atau mendorong tubuh korban, hindari menggunakan bahan yang terbuat dari benda basah atau logam..Pastikan untuk menjaga jarak minimal 3 meter untuk mencegah sengatan listrik ditransmisikan kepada Anda

Sementara   untuk luka-luka yang diakibatkan sambaran petir dan shock arus listrik  Saat hal ini        terjadi, segera cegah luka bakar menyebar dengan melepaskan pakaian di sekitar bagian kulit yang    terbakar.Setelah itu, lakukanlah pertolongan pertama pada luka bakar dengan mendinginkan luka    bakar dalam air mengalir.Jika cukup parah, rendamlah luka pada air selama beberapa                              waktu.Balutlah      luka bakar dengan kain kasa  steril yang cukup tebal untuk mencegah kerusakan       kulit yang lebih  dalam    dari gesekan udara luar.Hindari menggunakan kain penutup yang                    lengket untuk      membalut luka  bakar.,


Periksalah apakah korban masih bisa bernafas atau tidak dan mengetahuinya bisa dengan                    memeriksa urat nadinya berdenyut  atau tidak. Bila Kondisinya sangat henti nafas nadi tidak              berdenyut  ,lakukan pernafasan buatan dari mulut atau melakukan teknik BCLS .setelah itu              segera cari  bantuan medis.


Catatan :

Oleh karena itu, hindari membuat kesalahan pertolongan pertama berikut :
  1. Posisikan diri Anda terlalu dekat dengan korban jika disengat oleh kabel daya tegangan tinggi,
  2. Menarik atau mendorong korban dengan tangan kosong, handuk basah,, atau bahan logam jika korban masih bersinggungan dengan arus listrik.
  3. Menyentuh korban sebelum arus listrik dimatikan.
  4. Meninggalkan korban yang masih tersengat listrik untuk mencari pertolongan.
  5. Pertolongan pertama pada kecelakaan tersengat listrik sangat penting untuk menghindari risiko
  6. sekaligus menyelamatkan nyawa korban.
  7. Meski kesetrum listrik bisa diatasi, Anda juga bisa mencegah terjadinya kecelakaan ini. Hindarilah menyentuh kabel atau sumber listrik tanpa pelindung.
  8. Pastikan juga sumber aliran listrik di sekitar Anda terlindungi dengan bahan isolator.


Subscribe to receive free email updates: