Khasiat buah siwalan bagi kesehatan

Khasiat Buah Siwalan atau buah lontar bagi kesehatan

Buah Siwalan  atau buah siwalan  atau Pohon palem juga dikenal sebagai Siwalan atau lontar. Buah ini memiliki tekstur yang lembut seperti kelapa dan memiliki rasa yang segar. Buah ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.


Di Indonesia, buah sawit tumbuh terutama di bagian timur pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Telapak tangan ini bisa hidup lebih dari 100 tahun. Buah Siwalan muda sering dijual dan dikonsumsi. Biji muda memiliki tekstur yang lembut, bening dan berair. 
Buah lunak ini sering dijual di pinggir jalan sebagai pelepas dahaga atau oleh-oleh. Biji buah siwalan yang dikenal dengan nama buah siwalan dipotong kotak-kotak kecil dan dikupas dari luarnya. di wilayah pesisir Jawa Timur, Paciran dan Lamongan. Biji buah siwalan sering dipadukan dengan campuran es siwalan dan nira aren.
Selain itu buah ini sering dijadikan oleh-oleh khas Tuban. Buah siwalan sangat mudah ditemukan di pusat oleh-oleh wisata makanan daerah jalan  wilayah pesisir jawa timur paciran  dan lamongan di sepanjang jalur Pantura. Pecinta buah siwalan atau siwalan ini tidak hanya menyukai rasanya, tetapi juga manfaat kesehatannya. 

Berikut beberapa manfaat makan buah siwalan atau siwalan yang rasanya enak dan menyegarkan :

1. Isotonisitas tinggi

Tidak jauh berbeda dengan kelapa. Palm sering menjadi minuman yang enak di cuaca panas. Buah ini bisa bersifat isotonik, yang baik bagi tubuh untuk mencegah dehidrasi. Air kelapa sawit mengandung
elektrolit, natrium dan kalium, yang berperan penting dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tubuh mengalami dehidrasi.

2. Kulit Sehat

100 gram buah aren mengandung 90 persen air. konsumsi rutin Menjaga kesehatan kulit ,Buah siwalan mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga membantu memperlambat proses penuaan kulit dan menjaga kelembapan alami kulit.

3. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat lain dari buah siwalan ini adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Buah ini mengandung serat peptik, yang ketika mencapai usus besar, difermentasi dengan bakteri baik, membentuk asam lemak rantai pendek yang bekerja dalam regenerasi sel. Serat dalam buah siwalan membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

4. Bermanfaat untuk ibu hamil

Buah siwalanmengandung vitamin dan mineral, sehingga sangat cocok untuk ibu hamil. Buah ini mengandung vitamin C yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan juga dapat meredakan stres. Jadi sangat cocok untuk ibu hamil. Sumber nutrisi: Buah siwalan mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, fosfor, dan serat. Konsumsi buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

5.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Kandungan vitamin C dalam buah siwalan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit dan infeksi.

6. Menjaga kesehatan mata:

Vitamin A dalam buah siwalan penting untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi buah siwalan secara teratur dapat membantu mencegah masalah mata seperti rabun jauh, rabun dekat, dan degenerasi makula.

7. Menjaga kesehatan tulang:

Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah siwalan baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi buah siwalan dapat membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

8. Sumber energi:

Buah siwalan mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama. Ini dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat buah siwalan tersebut didasarkan pada pengetahuan umum tentang buah tersebut. Lebih banyak penelitian ilmiah mungkin diperlukan untuk memvalidasi manfaat kesehatan ini secara lebih mendetail. Selalu konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengubah atau menambahkan apa pun dalam pola makan atau pengobatan Anda.

Subscribe to receive free email updates: