Mencegah diabetes Melitus di usia muda dengan kopi.

Mencegah diabetes Melitus di usia muda dengan kopi.

Mencegah  diabetes Melitus di usia muda  bisa dilakukan dengan minum secangkir kopi pahit setiap hari. hal itu dapat mengindari resiko terkena penyakit diabetes melitus atu kencing manis.

Inilah cara menghindari diabetes di usia muda.

Minum secangkir kopi dipercaya bisa mencegah risiko seseorang terkena diabetes Melitus. Diabetes Melitus tipe 2 bisa menimpa Anda jika Anda sembarangan makan makanan dan minuman. Jika Anda tidak ingin terkena diabetes Melitus di usia muda, ada baiknya memulai dengan mengikuti tips berikut ini.
Diabetes Melitus masih menjadi penyakit banyak orang Indonesia. Seperti dikutip dari pengumuman Kementerian Kesehatan pada akhir tahun 2018 lalu, penyakit diabetes Melitus meningkat di Indonesia. Di seluruh dunia, 90-95% kasus diabetes Melitus adalah diabetes Melitus tipe 2. FYI: Diabetes Melitus tipe 2 adalah penyakit yang ditandai dengan gula darah (glukosa) yang tinggi untuk mencegah diabetes melitus


Baca juga: Perilaku hidup tidak sehat

Awalnya sel-sel tubuh tidak bisa merespon insulin sebagaimana mestinya (resistensi insulin). Pada tahap selanjutnya, pankreas tidak menghasilkan cukup insulin.
Namun, Anda tidak perlu khawatir karena diabetes Melitus tipe 2 dapat dicegah. Pencegahan penyakit ini cukup sederhana yaitu dengan mengubah gaya hidup.
Pada umumnya faktor yang meningkatkan risiko diabetes Melitus adalah makanan, minuman dan juga malas berolahraga.
Anda tidak ingin terkena diabetes Melitus tipe 2 di usia muda. Berikut beberapa tips untuk mencegah diabetes/ menghindari diabetes Melitus tipe 2:

1. Kurangi konsumsi gula Anda.

Banyak penelitian yang mengaitkan konsumsi gula dengan risiko terkena diabetes Melitus tipe 2. Para ahli percaya bahwa minuman dan makanan manis meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes Melitus tipe 2 baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Jadikan air sebagai minuman utama Anda.

Daripada minum minuman modern super manis setiap hari, sebaiknya lebih sering minum air putih. Asal tahu saja, air putih adalah minuman yang paling aman untuk menghidrasi tubuh. Lainnya, air dapat meningkatkan kontrol gula darah dan respon insulin tubuh.

3. Olahraga teratur 

Aktivitas fisik secara teratur membawa banyak manfaat bagi tubuh, termasuk sebagai sarana pencegahan penyakit diabetes. FYI, olahraga bisa meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Berbagai bentuk olahraga dapat dilakukan untuk mencegah diabetes. Seperti, latihan kekuatan otot, latihan senam aerobik, dan latihan interval berintensitas tinggi. Anda dapat memilih olahraga yang paling Anda sukai sehingga Anda rutin melakukannya.

4. Hindari atau kurangi karbohidrat sederhana 

Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang lebih cepat dicerna. indeks glikemik jenis makanan ini termasuk tergolong tinggi. Jadi, saat dikonsumsi, karbohidrat sederhana menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin. Apa saja sumber karbohidrat sederhana? Salah satunya adalah nasi putih yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain itu, tepung terigu, pasta, roti, soda, dan beberapa makanan ringan juga merupakan sumber karbohidrat sederhana.

5. Pertahankan berat badan Anda 

Anda kelebihan berat badan,anda harus mulai menurunkan berat badan. Penurunan berat badan bukan hanya tentang meningkatkan kepercayaan diri sebagian orang. Menentukan berat badan ideal adalah salah satu cara untuk mencegah diabetes melitus. Ini karena sebagian besar kasus diabetes Melitus tipe 2 disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk mengurangi risiko diabetes, Anda harus mengurangi kelebihan berat badan. Ada banyak diet berbeda yang dapat dipilih untuk mencapai berat badan ideal Anda. Misalnya, diet rendah karbohidrat, diet Mediterania, atau diet Paleo. Namun, pilihlah pola makan yang sehat dan bisa diikuti dalam jangka panjang untuk menjaga berat badan ideal. Selain itu, kami menyarankan untuk mengetahui kebutuhan kalori harian kita. Untuk menurunkan berat badan, pastikan tubuh Anda dalam keadaan defisit kalori. Artinya, kalori makanan harus lebih sedikit dari energi yang dikonsumsi hari itu.

6. Kurangi konsumsi makanan cepat saji

Di era makanan cepat saji, sulit untuk mencegah makanan olahan seperti makanan beku dan mie instan. Namun, Anda bisa mulai membatasi konsumsi untuk mencegah diabetes melitus. Makanan olahan telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Masalah-masalah ini termasuk obesitas, penyakit jantung koroner dan diabetes melitus.

7. Minum secangkir teh dan kopi tanpa gula

Selain minuman air, Anda juga bisa minum secangkir kopi atau teh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh dan kopi dalam batas wajar membantu mengurangi risiko diabetes Melitus dan mencegah diabetes Melitus. Salah satu teh yang paling mudah didapat adalah teh hijau. Teh hijau mengandung molekul antioksidan unik yang terbukti para ahli dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap insulin.(Wisnubrata) 

demikian tips dan trik mencegah diabetes Melitus,semoga bermanfaat 

Baca juga: Fungsi  dan jenis nutrisi  vitamin mineral untuk kesehatan
















Subscribe to receive free email updates: