Cara mengetahui pesan WhatsApp Sudah Dibaca Tanpa Centang Biru di HP android

Cara mengetahui pesan WhatsApp Sudah Dibaca Tanpa Centang Biru di HP android

Cara mengetahui pesan WhatsApp Sudah Dibaca Tanpa Centang Biru

WhatsApp memberi tahu pengguna bahwa pesan terkirim telah dibaca dengan tanda centang biru. Namun ada banyak alasan untuk mematikan fitur centang biru, salah satunya adalah privasi.

Jika tanda centang biru tidak aktif, pengirim tidak mengetahui apakah penerima sudah membaca pesannya atau belum. Hal ini mungkin mengganggu bagi sebagian orang.

Tenang saja, ada cara mengetahui WA sudah terbaca meski tanda x biru mati.

Trik membaca pesan WhatsApp meski centang biru mati cukup sederhana. Anda dapat membuat grup WhatsApp dengan orang atau penerima pesan yang dituju.

Fitur centang biru tidak sepenuhnya berlaku untuk grup WhatsApp. Grup WhatsApp tetap memiliki kemampuan verifikasi meskipun centang biru dimatikan. Berikut langkah-langkahnya
  1. Buat grup WhatsApp dengan penerima surat
  2. Kirim pesan
  3. Setelah beberapa saat, klik tiga titik di pojok kanan atas lalu pilih opsi Info
  4. Di sana Anda akan melihat apakah penerimanya sudah membaca pesan atau belum
Selain itu, Anda akan menerima pesan suara saat mengirim juga lakukan sebaliknya. Sebab centang biru tidak berlaku untuk pengiriman voice note secara langsung.

Trik ini memungkinkan Anda mengetahui apakah pengguna yang tidak mengaktifkan fitur centang biru sudah membaca pesan WA atau belum.

Meskipun Anda harus berusaha terlebih dahulu, cara ini layak dilakukan untuk memastikan bahwa penerima benar-benar membaca pesan Anda.

Tampil offline di WhatsApp

Selain itu, pengguna dapat menyembunyikan status online di WhatsApp dengan beberapa cara. Cara ini bisa Anda lakukan untuk ketenangan pikiran saat sedang melakukan percakapan atau saat tidak ingin menggunakan WhatsApp. Status online merupakan tanda bahwa pengguna sedang aktif atau telah membuka aplikasi WA. Artinya, pengguna lain akan mengetahui jika Anda tidak merespons pesanan mereka.

Anda dapat menggunakan opsi ini untuk tampil offline selamanya, atau pada waktu-waktu tertentu, seperti hari libur atau hari libur, sehingga Anda tidak ingin atasan Anda mengganggu Anda, atau mungkin karena alasan pribadi lainnya.

WhatsApp sendiri memiliki fitur yang membuat pengguna offline meskipun sedang online. Berikut trik yang bisa Anda lakukan.

1. Ubah opsi terakhir terlihat

Fitur terakhir terlihat memberi tahu kontak kapan terakhir kali pengguna menggunakan WhatsApp, termasuk saat mereka sedang online. Anda dapat menonaktifkan fitur ini untuk melihat secara offline.

Untuk mematikannya, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas, pilih Pengaturan, lalu klik Privasi. Dari menu Siapa yang Dapat Melihat Informasi Pribadi Saya, klik Baru Dilihat dan pilih Tidak Ada. Pilihannya adalah untuk semua orang, kontak yang disimpan atau tidak.

2. Matikan tanda centang biru

Tanda centang biru menunjukkan bahwa Anda telah membaca pesan yang dikirim. Untuk mematikannya, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Klik pada tiga titik di sudut kanan atas WhatsApp
  • Pilih Pengaturan
  • Ketuk Akun > Privasi
  • Seret tombol ke Baca laporan atau Baca konfirmasi
  • Warna biru tanda centang tidak sudah tidak aktif lagi

3 . Sembunyikan status

Jika Anda ingin terlihat offline, Anda juga dapat menyembunyikan status Anda. Yakni, mengontrol siapa yang melihatnya. Caranya, tekan opsi titik tiga di pojok kanan atas > Privasi > Status.

Selanjutnya, Anda akan melihat opsi yang ingin Anda bagikan statusnya: "Kontak saya", "Kontak saya kecuali..." dan "Hanya berbagi...". Pilih sesuai dengan yang Anda inginkan.

4. Membuat status

Selain menyembunyikannya, Anda juga dapat membuat status yang memberitahukan Anda untuk tidak diganggu dalam jangka waktu tertentu.

Buka menu dengan ikon tiga titik > Pengaturan > Nama profil WhatsApp > Tentang.

Setelah itu, klik ikon pensil dan masukkan status untuk memberi tahu orang lain ketika akun sedang offline dalam jangka waktu tertentu. Terakhir, jangan lupa klik Simpan.

5. Matikan data latar belakang

WhatsApp berjalan di latar belakang dan mencegah Anda menerima pesan. Untuk mencegahnya, Anda dapat mematikan data latar belakang, namun perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku di Android.

Untuk mematikannya, buka pengaturan, lalu pengaturan data, dan pilih Matikan data latar belakang..

Subscribe to receive free email updates: