4 Cara Mengetahui WA Disadap, Berikut Ciri-cirinya


Pentingnya Mengetahui WA Disadap

4 Cara Mengetahui WA Disadap, Berikut Ciri-cirinya

Dalam era teknologi digital yang serba canggih ini, khususnya pengguna ponsel android dan lainya keamanan data pribadi menjadi sangat penting. Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk komunikasi sehari-hari adalah WhatsApp. Namun, tahukah Anda bahwa WhatsApp juga bisa menjadi target penyadapan? Artikel ini akan membahas 4 cara mengetahui WA disadap beserta ciri-cirinya.

1. Aktivitas Tak Dikenal

 pada Akun WhatsApp

Login dari Perangkat Tidak Dikenal

Salah satu tanda paling umum bahwa akun WhatsApp Anda disadap adalah munculnya aktivitas login dari perangkat yang tidak Anda kenali. WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat perangkat mana saja yang sedang aktif dengan akun mereka. Untuk memeriksa ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk gambar ikon tiga titik vertikal pada pojok kanan atas.
  3. Pilih 'WhatsApp Web'.
  4. Lihat daftar perangkat yang terhubung. Apabila ada perangkat yang tidak Anda kenal, cepat lakukan logout dari semua perangkat.

Pesan yang Sudah Terbaca Padahal Belum Dibuka

Tanda lain yang bisa menunjukkan bahwa WA Anda disadap adalah pesan yang sudah terbaca padahal Anda belum membukanya. Jika Anda sering melihat notifikasi pesan baru tetapi ketika membuka WhatsApp pesan tersebut sudah terbaca, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada orang lain yang mengakses akun Anda.

2. Performa Ponsel Menurun

Baterai Cepat Habis

Ponsel yang disadap sering kali menunjukkan penurunan performa yang signifikan. Salah satu ciri yang paling mudah dikenali adalah baterai yang cepat habis. Penyadap menggunakan perangkat lunak tertentu yang berjalan di latar belakang, yang dapat menguras daya baterai dengan cepat.

Ponsel Menjadi Panas

Selain baterai cepat habis, ponsel yang menjadi panas tanpa alasan yang jelas juga bisa menjadi tanda adanya penyadapan. Perangkat lunak penyadap biasanya menggunakan banyak sumber daya ponsel, yang menyebabkan ponsel menjadi lebih panas dari biasanya.

3. Penggunaan Data yang Tidak Wajar

Lonjakan Penggunaan Data

Penyadap sering kali menggunakan jaringan data untuk mengirim informasi yang mereka curi dari ponsel Anda. Jika Anda melihat lonjakan penggunaan data yang tidak wajar pada ponsel Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda sedang disadap. Anda bisa memeriksa penggunaan data dengan langkah berikut:

  1. Buka 'Pengaturan' di ponsel Anda.
  2. Pilih 'Koneksi' atau 'Jaringan & Internet'.
  3. Pilih 'Penggunaan Data'.
  4. Lihat apakah ada aplikasi yang menggunakan data dalam jumlah besar tanpa Anda ketahui.

Tagihan Telepon yang Meningkat

Tagihan telepon yang tiba-tiba meningkat juga bisa menjadi indikator bahwa ponsel Anda disadap. Penyadap mungkin menggunakan jaringan data atau mengirim pesan dari akun Anda tanpa sepengetahuan Anda.

4. Aplikasi yang Tidak Dikenal Terinstal

Instalasi Aplikasi Asing

Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak Anda kenali terinstal di ponsel Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda telah disusupi. Aplikasi ini bisa jadi adalah perangkat lunak penyadap yang sengaja dipasang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Notifikasi Aplikasi Asing

Perhatikan juga notifikasi dari aplikasi yang tidak Anda kenali. Jika Anda sering menerima notifikasi dari aplikasi yang tidak pernah Anda instal, segera hapus aplikasi tersebut dan lakukan pemeriksaan keamanan pada ponsel Anda.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Anda

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara yang paling efektif untuk melindungi akun WhatsApp Anda dengan cara mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dengan fitur ini, setiap kali Anda mendaftarkan nomor telepon Anda ke WhatsApp, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN enam digit yang hanya Anda yang tahu.

Perbarui Aplikasi Secara Berkala

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi WhatsApp,denga rutin melakukan pembaharuan secara berkala aplikasi WA. Pembaruan aplikasi sering kali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi akun Anda dari ancaman penyadapan.

Hindari Menggunakan Jaringan Wi-Fi Publik

Jaringan Wi-Fi publik sering kali menjadi target bagi penyadap. Sebisa mungkin, hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik untuk mengakses WhatsApp atau melakukan transaksi penting lainnya.

Dengan mengetahui 4 cara mengetahui WA disadap beserta ciri-cirinya, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi privasi dan keamanan data Anda. Tetap waspada dan selalu lakukan pemeriksaan rutin pada perangkat Anda.

Subscribe to receive free email updates: